Linux Ubuntu

1. Pengertian Linux
       Linux diciptakan oleh Mahasiswa dari Finlandia yang bernama Linus Torvald, Pada Agustus 1991 dan mengerjakan versi 0.01. Dan pada tanggal 5 October 1991, secara resmi meluncurkan versi 0.02, yaitu bersifat bersifat open source, yang artinya,kita dapat semua orang dapat menggunakan dan mengembangkan nya secara free Keuntungan memakai linux adalah Gratis sudah pasti.,linux bisa dikembangkan oleh siapa saja.Oleh karena itu otomatis secara logika nya linux akan mendekati sempurna, karena sesuai dengan otak programmer di belahan dunia.
Pengertian & dan  Sejarah Linux Ubuntu
       Ubuntu berasal dari bahasa Afrika yakni “Humanity to Others” yang berarti “Kemanusiaan Untuk Sesama”. Atas dasar itulah diluncurkannya Linux Ubuntu yang dirilis pada tahun 2004. Sistem operasi ini adalah merupakan turunan dari sistem operasi linux yang lain, yakni Debian.
       Ubuntu itu sendiri dibuat dengan tujuan : selalu gratis tanpa adanya biaya lisensi, bersifat open source (kode terbuka), dan siap untuk dipergunakan dalam kondisi yang stabil. Ubuntu didukung oleh perusahaan bernama Canonical, Ltd yang memiliki tujuan untuk membantu perkembangan, distribusi, dan promosi dari produk-produk yang bersifat open source (kode terbuka). Perusahaan ini bermarkas di Eropa dan dipimpin oleh seseorang bernama Mark Shuttleworth.
       Sejak pertama kali diluncurkan, Ubuntu mendapat perhatian yang sangat besar dari pengguna Linux yang lain. Hal ini disebabkan karena kestabilan yang dimiliki oleh Ubuntu itu sendiri. Selain itu kenyamanan dan kemudahan yang dimiliki Ubuntu menjadi daya tarik yang besar bagi pengguna Linux di seluruh belahan dunia.
       Adapun versi Ubuntu yang telah dirilis dan telah beredar adalah sebagai berikut :
1) Versi 4.10 (Warty Warthdog).
2) Versi 5.04 (Hoary Hedgedog).
3) Versi 5.10 (Breezy Badger).
4) Versi 6.06 (Drapper Drake).
5) Versi 6.10 (Edgy Eft).
6) Versi 7.04 (Feisty Fawn).
7) Versi 7.10 (Gutsy Gibbson).
       Beberapa waktu yang lalu, Ubuntu telah meluncurkan versi terbaru mereka yakni Ubuntu 8.04 (MID Edition).
      Ubuntu cocok digunakan baik untuk desktop maupun server. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC (Intel x86), PC 64-bita (AMD64), PowerPC (Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5), Sun UltraSPARC dan T1 (Sun Fire T1000 dan T2000).
Ubuntu menyertakan lebih dari 16.000 buah perangkat lunak, dan untuk instalasi desktop dapat dilakukan dengan menggunakan satu CD saja. Ubuntu menyertakan semua aplikasi standar untuk desktop mulai dari pengolah kata, aplikasi lembar sebar (spreadsheet) hingga aplikasi untuk mengakses internet, perangkat lunak untuk server web, peralatan untuk bahasa pemrograman dan tentu saja beragam permainan.

2.Karateristik Linux Ubuntu

   1. Pengoperasian OS Ubuntu tidaklah terlalu sulit, bahkan sudah semudah OS Windows. Begitu juga dengan aplikasi-aplikasinya, misal aplikasi Open Office di OS Ubuntu bisa digunakan semudah menggunakan Ms Office di OS Windows
   2.Hampir atau bahkan semua software yang di butuhkan terpenuhi mulai dari audio/video player, office, internet, games, graphic, programming, dsbg ada di OS Ubuntu.
   3.Masalah keamanan data terjaga karena program “jahat” untuk OS Ubuntu belum sebanyak pada OS Windows, dan intinya linux ubuntu dapat dikategorikan lebih aman dari pada windows.
  4.Performance linux ubuntu lebih baik dari sisi tampilan maupun kecepatannya bisa dibandingkan dengan OS Windows (XP/Vista/7).
    5.Fitur yang dimiliki OS Ubuntu sudah selengkap dan secanggih OS Windows bahkan lebih. Sepertinya apapun fitur yang kita jumpai di OS Windows maka fitur sejenis juga akan kita jumpai di OS Ubuntu. Bahkan beberapa fitur justeru lebih baik daripada OS Windows.
   6.Dukungan terhadap hardware komputer sudah cukup bahkan sangat memadai.
  7.Jika ada masalah atau yang ingin ditanyakan tentang OS Ubuntu maka kita bisa menemukan sejuta solusi atau jawaban di internet (website official/unofficial,forum,milis,web pribadi) atau bahkan pada komunitas-komunitas di dunia nyata.
    8.Menggunakan linux ubuntu jauh lebih seru karena sangat mempermudah kita..
   9.Update dan Upgrade OS Ubuntu sangat mudah sekali.. bila kita memiliki koneksi internet yang memadai, maka dijamin OS kita akan selalu fresh dan tidak ketinggalan zaman. Namun jika tidak ada koneksi internet maka kita bisa membeli CD Repository-nya dengan harga yang murah meriah.
   10.Pekerjaan kantoran tak hanya dapat dilakukan di OS Windos saja akan tetapi juga
dapat dilakukan di linux ubuntu.
   11.OS Ubuntu memiliki aplikasi bernama WINE, yaitu sebuah aplikasi yang bisa menjalankan “semua” aplikasi OS Windows, misal kita ingin menggunakan Ms Office, maka kita bisa menginstall MS Office kita menggunakan aplikasi WINE, aplikasi-aplikasi OS Windows lain juga bisa seperti : Dreamweaver, Firework, Winamp dsb.
   12.Karena gratis sehingga saya tidak peru mengeluarkan dana teralu banyak untuk aplikasi pada komputer saya. Meski bisa saja pakai bajakan, namun kelihatannya sudah tidak tren lagi menggunakan yang bajakan, apalagi sudah ada solusinya yaitu menggunakan OS Ubuntu (Linux) jadi tidak ada istilah darurat lagi.

3. File System Linux Ubuntu

File System adalah metode untuk menyimpan dan mengatur file-file dan data yang tersimpan di dalamnya untuk membuatnya mudah ditemukan dan diakses. File System dapat menggunakan media penyimpan data seperti HardDisk atau CD Rom. File System juga dapat melibatkan perawatan lokasi fisik file, juga memberikan akses ke data pada file server dengan berlaku sebagai klien untuk protokol jaringan (mis. NFS atau SMB klien), atau dapat juga berlaku sebagai file system virtual dan hanya ada sebagai metode akses untuk data virtual.
A. EXT2
Ext2 pertama kali dirilis pada bulan Januari 1993 dan ditulis oleh Rémy Card, Theodore T. dan Stephen Tweedie, file system ini merupakan penulisan ulang besar-besaran dari Extended file system. Hingga bulan April 2001, file system ini masih menjadi file system tama di Linux. Ext2 memiliki banyak kemiripan dengan filesystem asli Unix. Ia memiliki konsep block, inode, dan directory. Serta memiliki ruang kosong untuk Access Control Lists (ACLs), fragment, undeletion, dan compression walaupun fungsi-fungsi tersebut belum diimplementasikan (terdapat melalui patch terpisah).
Pada file system EXT2, file data disimpan sebagai data blok. Data blok ini mempunyai panjang yang sama dan meskipun panjangnya bervariasi diantara EXT2 file sistem, besar blok tersebut ditentukan pada saat file sistem dibuat dengan perintah mk2fs. Jika besar blok adalah 1024 bytes, maka file dengan besar 1025 bytes akan memakai 2 blok. Ini berarti kita membuang setengah blok per file. EXT2 mendefinisikan topologi file sistem dengan memberikan arti bahwa setiap file pada sistem diasosiasiakan dengan struktur data inode. Sebuah inode menunjukkan blok mana dalam suatu file tentang hak akses setiap file, waktu modifikasi file, dan tipe file. Setiap file dalam EXT2 file sistem terdiri dari inode tunggal dan setiap inode mempunyai nomor identifikasi yang unik.
Kelebihan dari filesystem ext2 yaitu Ketika melakukan perubahan terhadap filesystem (perubahan nama file), data disimpan pada transaksi di dalam journal dan bisa sempurna ataupun tidak sempurna ketika terjadi crash. Ketika transaksi sempurna (atau keadaan normal ketika sistem tidak crash), maka setiap block di dalam transaksi tersebut akan menunjukkan keadaan filesystem yang valid, dan dikopikan kedalam filesystem. Apabila transaksi tidak sempurna ketika terjadi crash, maka tidak ada jaminan bahwa block tersebut konsisten dan transaksi akan diabaikan (yang berarti perubahan terhadap filesystem akan hilang).
B. EXT3
EXT3 file sistem EXT3 adalah peningkatan dari EXT2 file sistem. Peningkatan ini memiliki beberapa keuntungan, diantaranya:
1.Proses ini dapat membuang waktu sehingga proses booting menjadi sangat lama, khususnya untuk disk besar yang mengandung banyak sekali data. Dalam proses ini, semua data tidak dapat diakses. Jurnal yang disediakan oleh EXT3 menyebabkan tidak perlu lagi dilakukan pengecekan data setelah kegagalan sistem. EXT3 hanya dicek bila ada kerusakan hardware seperti kerusakan hard disk, tetapi kejadian ini sangat jarang. Waktu yang diperlukan tergantung dari besarnya jurnal yang digunakan untuk menjaga konsistensi. Besar jurnal default memerlukan waktu kira-kira sedetik untuk pulih, tergantung kecepatan hardware.
2.Integritas data EXT3 menjamin adanya integritas data setelah terjadikerusakan atau “unclean shutdown”. EXT3 memungkinkan kita memilih jenis dan tipe perlindungan dari data.
3.EXT3 mempunyai throughput yang lebih besar daripada EXT2 karena EXT3 memaksimalkan pergerakan head hard disk. Kita dapat memaksimalkan kecepatan dalam menulis, tetapi integritas data tidak terjamin.
4.Mudah dilakukan migrasi Kita dapat berpindah dari EXT2 ke sistem EXT3 tanpa melakukan format ulang.
C. EXT4
Ext4 didesain untuk memberikan performance yang lebih baik dan peningkatan kemampuan dan dapat juga meningkatkan daya tampung maksimal filesystem ke 1 exabyte dan mengurangi wktu yang diperlukan untuk melakukan pengecekan hardisk (fsck yang mana pada Filesystem Ext3, setiap 20-30 kali mount).
Filesystem Ext4 memiliki keunggulan performance yang significant dalam menulis dan membaca file berukuran besar.
A. ReiserFS
Reiser file sistem dibuat berdasarkan balance tree yang cepat. Reiser file sistem lebih efisien dalam pemenfaatan ruang disk. Jika kita menulis file 100 bytes, hanya ditempatkan dalam satu blok. File sistem lain menempatkannya dalam 100 blok. Reiser file sistem tidak memiliki pengalokasian yang tetap untuk inode. Resier file sistem dapat menghemat disk sampai dengan 6 persen.
B. SWAP
Swap ini digunakan apabila (fizikal memory) yang ada pada komputer telah digunakan secara maksimun, maka swap akan digunakan untuk menampung memori tambahan dan Swap tidak boleh digunakan untuk data.
4. Langkah-langkah Instalasi Linux Ubuntu
Ubuntu 7.10 tidak memaakan waktu yang cukup lama, hanya sekitar 15 menit (tergantung spesifikasi komputer), langkahnya:
1.Setelah anda mendapatkan file iso ubuntu 7.10, bakarlah kedalam cd agar ubuntu 7.10 dapat di booting di komputer.
2.Setinglah koputer anda agar booting lewat cd
3.Jalankan live cd ubuntu kamu
4.Jika live cd sudah berjalan, klik ganda icon install yang ada di Desktop
5.Kemudian akan muncul jendela
jendela diatas meminta anda untuk memilih bahasa apa yang akan digunakan pa ubuntu. Sekarang ini ubuntu sudah mendukung format bahasa Indonesia.
6.tekan forward setelah anda memilih bahasa yang akan digunakan. Selanjutnya jendela yang akan muncul adalah jendela pemilihan lokasi
7.Setelah anda memilih lokasi anda tekan forward dan jendela pemilihan layout keyboard akan muncul.
pilihlah layout keyboard anda (pilihan default adalahUS-English), tekan forward untuk melanjutkan proses instalasi.
8.Jendela yang selanjutnya muncul adalah partisi hardisk. ada tiga pilihan yang muncul pada jendela ini:
1.Jika anda ingin tetap mempertahankan sistem operasi anda yang sekarang pilihlah opsi : “Guided – resize the partition and use the freed space”
2.Jika anda ingin menghapus sistem operasi anda yang sekaran, pilihlah opsi: “Guided – use entire disk”
3.Opsi yang ketiga adalah manual (saya menyarankan untuk tidak menggunakan opsi ini jika anda masih belum paham terhadap partisi di linux).
9.Setelah anda menekan tombol forwar, anda diharuskan mengisi isian yang disediakan. isian yang harus anda isi adalah nama, nama untuk login, dan password. Setelah semua isian terisi tekan tombol forward.
10.Jika anda telah berhasil sampai tahapan diatas maka akan muncul jendela berikut
tekan tombol install untuk memulai instalasi.
11.Jendela yang akan muncul selama proses instalasi adalah
12.Setelah anda selesai menginstall ubuntu di kompute, anda akan diminta untuk merestart komputer anda atau tetap menggunakan live cd
Setelah anda mencoba menginstal ubuntu anda tidak akan lagi merasa bahwa menginstall linux itu sulit,

About Nurhadi

Perkenalkan nama saya nurhadi asal kuningan sekarang Tinggal di Jakarta ingin mewarnai kehidupan dari dunia yang dianggap maya ini. Kemudian Saya ingin terus belajar dan terus belajar yang bisa dipelajari dan selalu berbagi yang bisa dibagi. sampai cita-cita saya tercapai, dengan masa laluku yang begitu suram saya ingin mendapatkan masa depan yang lebih menyenangkan dan saya ingin sukses, supaya bisa membahagiakan kedua orang tua saya. Sekian dan Terima kasih telah datang dan melihat" blog saya ini.

4 responses to “Linux Ubuntu”

  1. Valene says :

    You need targeted traffic to your website so why not try some for free? There is a VERY POWERFUL and POPULAR company out there who now lets you try their traffic for 7 days free of charge. I am so glad they opened their traffic system back up to the public! Check it out here: http://bag.sh/16M

  2. www.j3305.com says :

    Hi there terrific blog! Does running a blog such as this take a massive amount work?

    I’ve no understanding of programming however I had been hoping to start my own blog soon. Anyway, should you have any recommendations or tips for new blog owners please share. I know this is off subject however I just had to ask. Appreciate it!

  3. nurhadi says :

    @www.j3305.com : I took a job running a number of blogs that are not too large

  4. nurhadi says :

    @Valene : thanks in advance for the information, but I do not want to be famous.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: