Tips Merawat Dan Menghemat Bateray Laptop

Dimasa kini yang sangat modern orang lebih suka menggunakan sesuatu yang praktis bahkan zaman sekarang orang-orang sudah menggunakan yang namanya Laptop atau komputer mini yang kompatibel. Laptop dikatakan praktis karena ddapat dibawa kemana- mana karena selain bentuknya yang mini tetapi juga bisa bertahan karena memiliki bateray yang dapat kita charge tentunya.

Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya bateray laptop juga merupakan komponen yang sensitif, bahwa bateray sering tidak tahan lama, itu semua disebabkan karena kecepatan CPU, kinerja grafis yang tinggi dan alain-lain. Berikut ini merupakan tips ringan buat anda untuk merawat bateray laptop agar dapat bertahan lama ;

1.Pada saat anda baru membeli laptop, tentunya bateray yang tersedia masih dalam keadaan kosong, oleh karena itu Laptop tidak boleh langsung digunakan sekalipun charge listrik terpasang. Laptop harus dimatikan dulu, di-charge selama kurang lebih 4-8 jam hingga lampu indikatornya menunjukkan full charge, setelah itu barulah laptop sudah dapt digunakan.

2.Bila seandainya anda menggunakan laptop dengan waktu yang cukup lama, tentunya akan memerlukan daya bateray yang besar, dan saya yakin bila bateray anda low anda akan mencharge dan sekaligus memakai laptop tersebut. Sebenarnya hal tersebut sangat tidak disarankan karena banyak hal yang negatif yang akan terjadi pada laptop anda, contohnya saja bateray anda akan mudah bocor/mudah habis dalam jangka waktu yang singkat. Memang benar pada laptop modern kini memiliki sirkuit yang memastikan baterai tidak digunakan bila charge terpasang, tapi suhu panas yang dihasilkan charge juga mempersingkat masa pakai baterai. Ingat, bateray laptop digunakan hanya ketika listrik tidak dapat digunakan langsung.

3.Pastikan untuk mengkonfigurasi pengaturan bateray laptop Anda dengan tepat. Aturlah periode Sleep laptop Anda agar memungkinkan Anda untuk menonaktifkan layar dan hard disk setelah jangka waktu tertentu komputer tidak digunakan. Tentukan periode ini sesingkat mungkin untuk memaksimalkan masa pakai baterai.

4.Nonaktifkan Bluetooth dan WiFi ketika tidak diperlukan. Ketika Anda menonton film, atau mengetik dokumen dan anda tidak perlu online, maka tugas anda adalah menonaktifkan perangkat nirkabel tersebut, hal ini akan membantu menghemat daya, sebab konsep Bluetooth dan WiFi adalah mengirim dan menerima signal walaupun Anda tidak menyadarinya dan ini menghabiskan daya. Lebih parah lagi jika  fitur ini Anda aktifkan ditempat yang sama sekali tidak ada signalnya.

5.Kurangi mengkonfirasi layar terlalu terang. Disatu sisi layar lumayan terang adalah baik karena tulisan lebih jelas, tetapi disisi lain makin terang layar makin banyak daya yang digunakan.

6.Anda harus menonaktifkan screen saver. Terutama ditujukan untuk mencegah layar agar tidak terbakar, screen saver mengkonsumsi daya jauh lebih tinggi karena CPU aktif dan kartu video dan layar digunakan juga. Ini sama saja halnya bila anda dengan menonton video pada laptop. Kalau saran saya sebuah laptop tidak perlulah  menggunakan screensaver karena itu hanya mengkonsumi banyak daya.

7.Selain menonaktifkan perangkat nirkabel, anda juga harus melepaskan setiap perangkat eksternal ketika tidak diperlukan. Sebuah USB atau mouse nirkabel, memory stick USB, harddisk eksternal atau kartu PCMCIA yang tidak sedang digunakan pada laptop harus dilepas. Anda juag harus paham bahwa  semua perangkat tadi menggunakan daya dari laptop Anda.

8.Periksa juga program startup anda dan program aktif, tugas anda adalah dengan menutup semua program yang anda kira tidak perlu. Program-program startup yang terlalu banyak akan menyebabkan laptop loading lama. Loading lama akan membutuhkan banyak memory virtual sehingga terlalu banyak menggunakan akses hard disk.

9.Jika Anda ingin mendengarkan music atau sesuatu yang mengeluarkan suara, saya sarankan untuk anda untuk menggynakan headset dan bukan speaker. Karena speaker laptop kecil maka walaupun volume musik sudah maksimal tetapi suara tidak maksimal diteling Anda. Jika volume Anda naikkan maka penggunaan daya juga bertambah besar.

10.Update BIOS dan driver laptop anda. Produsen komputer melakukan perbaikan software mereka sepanjang waktu untuk memperbaiki cara hardware digunakan. Memperbarui Bios akan memastikan bahwa Anda memiliki versi terbaru dan memberikan kompatibilitas maksimum dengan penghematan daya semua fitur sistem operasi. Hal yang sama berlaku untuk driver perangkat keras. Driver mengendalikan semua aspek dari perangkat keras, termasuk mode penghematan daya hardware.
CATATAN; Anda harus hati-hati mengupdate BIOS karena jika salah maka laptop Anda akan masuk tong sampah alias tidak bisa Anda perbaiki kecuali Anda bawa ke dealernya.
Inilah beberapa gagasan tentang bagaimana merawat baterai pada laptop Anda dan memaksimalkan masa pakai baterai laptop.

About Nurhadi

Perkenalkan nama saya nurhadi asal kuningan sekarang Tinggal di Jakarta ingin mewarnai kehidupan dari dunia yang dianggap maya ini. Kemudian Saya ingin terus belajar dan terus belajar yang bisa dipelajari dan selalu berbagi yang bisa dibagi. sampai cita-cita saya tercapai, dengan masa laluku yang begitu suram saya ingin mendapatkan masa depan yang lebih menyenangkan dan saya ingin sukses, supaya bisa membahagiakan kedua orang tua saya. Sekian dan Terima kasih telah datang dan melihat" blog saya ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: