Instalasi router pada linux opensuse

INSTALASI ROUTER PADA LINUX OPENSUSE

Router adalah sebuah alat Jaringan Komputer yang mengirimkan Paket Data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.?Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
Baik pembahasan diatas hanya sebagai pengantar saja buat yang belum mengerti apa itu router. Untuk melakukan instalasi router sedehana pada Linux Opensuse tidak begitu susah. Anda cukup mengikuti langkah2 yg akan saya tulis di bawah ini…
perlu di pahami Router memerlukan minimal dua Ethernet card baik yg terhubung di jaringan Lokal maupun yg terhubung ke Internet….
disini saya asumsikan kita mempunyai dua ethernet card yg terhubung ke jaringan lokal eth1, dan eth0 yg terhubung ke Modem ADSL anda. Berikut Konfigurasi IP addressnya
eth1: 172.16.1.1 netmask 255.255.255.0 —-> ke Jaringan Lokal
eth0: 192.16.1.2 netmask 255.255.255.0 —-> Ke Modem
gateway (Ip modem) : 192.168.1.1

Lakukan Konfigurasi IP address seperti di atas.
Untuk Melakukan Konfigurasi IP Address Bisa Menggunakan Yast (Mode GUI ) ataupun lewat terminal (Mode Teks). dalam Artikel ini saya menggunakan Terminal.
Pastikan Card anda sudah diaktifkan atau kalau belum yakin pada terminal ketikan:
#ifconfig
kalau sudah aktif otomatis ethernet card akan muncul pada saat mengetikan perintah diatas. tapi kalau belum, aktifkan dengan mengetikan perintah di bawah ini:
#ifconfig eth1 up
#ifconfig eth0 up
“Sesuaikan dengan nama interface anda:
Kemudian Setting ip address
#ifconfig eth0 192.168.1.2 netmask 255.255.255.0
#ifconfig eth1 172.16.1.1 netmask 255.255.255.0
setting default gateway
#route add default gw 192.168.1.1 dev eth0
setting dns
edit file resolv.conf
#vim /etc/resolv.conf
isikan dns server anda
namaserver 192.168.1.1
nameserver 202.134.1.10
Sampai disini proses konfigurasi ip,gateway, dns sudah selesai…coba tes ping ke salah satu situs.kalau ada reply berarti router anda sudah konek ke internet.
Aktifkan ip forward
#echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward
Langkah Selanjutnya adalah konfigurasi iptables agar komputer klien dapat konek ke internet.
#iptables -t nat -A POSTROUTING -s 172.16.1.0/24 -j MASQUERADE
Simpan Konfigurasi iptables anda:
#iptables-save > /etc/sysconfig/iptablesaya-net
Agar konfigurasi iptables otomatis dijalankan saat Komputer di restart
edit file
#vim /etc/init.d/network
isikan script berikut
iptables-restore < /etc/sysconfig/iptablesaya-net Alhamdulillah sampai disini Router Anda sudah dapat berfungsi….dan client sudah dapat terhubung ke internet dengan asumsi bahwa komputer client sudah di setting IP address, gateway dan DNSnya “jika tidak menggunakan DHCP server”. Tapi kalau jaringan anda menggunakan IP dinamis, anda tidak perlu melakukan setting IP address pada client karena udah otomatis akan mendapatkan IP address dari komputer server.

About Nurhadi

Perkenalkan nama saya nurhadi asal kuningan sekarang Tinggal di Jakarta ingin mewarnai kehidupan dari dunia yang dianggap maya ini. Kemudian Saya ingin terus belajar dan terus belajar yang bisa dipelajari dan selalu berbagi yang bisa dibagi. sampai cita-cita saya tercapai, dengan masa laluku yang begitu suram saya ingin mendapatkan masa depan yang lebih menyenangkan dan saya ingin sukses, supaya bisa membahagiakan kedua orang tua saya. Sekian dan Terima kasih telah datang dan melihat" blog saya ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: