Persiapan Alat Untuk Memasang Jaringan LAN

1. Kabel LAN/UTP

Kabel UTP adalah kepanjangan dari Unshielded Twister Pair yang merupakan kabel jaringan yang sering digunakan untuk LAN karena selain harganya lebih murah, pemasangannya juga lebih praktis dengan kabel jaringan yang lainnya.
2.    Kepala konektor RJ 45
Kepala konnektor yang kita gunakan adalah jenis konnektor RJ 45 sebanyak , ada beberapa criteria konektor yang bagus dan yang baik untuk jaringan yaitu, plastic konektornya yang keras, memiliki pengait yang elastis, dan kuningannya yang timbul ke luar.

3.    Tang penjepit Crimping Tools

Anda harus mempunyai tang khusus yang di buat untuk memasang konektor ke kabel UTP, nama lainnya adalah crimping tool. Alat ini gunanya untuk ‘mematikan’ atau ‘menanam’ konektor ke kabel UTP. Jadi sekali sudah di ‘tang’, maka konektor sudah tidak bisa dicopot lagi dari kabelnya.

4.    Cutter (bila perlu)

Cutter ini digunakan untuk memotong jaket kulit pada kabel UTP, sehingga bila seandainya kabel masuk kedalam konektor terlihat rapi dan dapat kuat bila terjepit pada konektor.
5.    Lan Tester/Multimeter
Multimeter atau Lan Tester ini meruoakan suatu alat yang berfungsi mengetes kabel LAN untuk mengetahui kabel LAN yang kita pasang dalam keadaan yang bagus atau tidak.
Dan sekarang, bila seandainya peralatan jaringannya sudah kita persiapkan maka tugas selanjutnya adalah pemasangan kabel UTP. Secara umum, pemasangan kabel UTP tersebut ada dua tipe, yaitu tipe straight dan tipe cross. Disebut tipe straight maksudnya adalah masing-masing kabel yang jumlahnya 8 itu berkorespondensi 1-1 langsung, dan digunakan untuk menghubungkan client/computer ke hub. Sedangkan disebut cross soalnya ada persilangan pada susunan kabelnya, dan digunakan untuk client langsung ke client atau hub ke hub (perangkatnya sama).

About Nurhadi

Perkenalkan nama saya nurhadi asal kuningan sekarang Tinggal di Jakarta ingin mewarnai kehidupan dari dunia yang dianggap maya ini. Kemudian Saya ingin terus belajar dan terus belajar yang bisa dipelajari dan selalu berbagi yang bisa dibagi. sampai cita-cita saya tercapai, dengan masa laluku yang begitu suram saya ingin mendapatkan masa depan yang lebih menyenangkan dan saya ingin sukses, supaya bisa membahagiakan kedua orang tua saya. Sekian dan Terima kasih telah datang dan melihat" blog saya ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: