Jenis Port Yang Digunakan Dalam Komputer

Pada sebuah PC memiliki yang namanya I / O port atau (input Output) port yang berguna untuk  menghubungkan sebuah komputer dengan perangkat peripheral external lainnya, seperti printer, scanner, jaringan, mouse, keyboard dan drive portable lainnya. Karena perangkat periferal tersebut sangat kita perlukan dalam pekerjaan dan memudahkan kita dalam penggunaan komputer.
Dan berikut port umum yang sering digunakan yang umum digunakan:

1. Serial Port
 
Port serial ini berfungsi untuk menyambungkan sebuah komputer ke perangkat periferal seperti modem, atau printer. Cara kerja port serial yaitu untuk mengirimkan satu bit data dalam satu waktu tertentu. Kabel serial memiliki panjang maksimum yaitu sekitar 50 kaki atau setara dengan (15,2 m).
 
 
 
2. Modem Port
 
Selain kabel serial digunakan untuk menghubungkan modem eksternal ke komputer, kabel telepon juga sering digunakan untuk menghubungkan modem ke stopkontak telepon. Kabel yang digunakan tersebut  menggunakan konektor RJ-11 berikut gambarnya :
3. USB Port
 
Universal Serial Bus (USB) adalah antarmuka jenis terbaru yang sering diggunakan karena standar yang menghubungkan perangkat periferal ke komputer. Itu awalnya dirancang untuk menggantikan koneksi serial dan paralel. Perangkat USB hot-swappable, yang berarti bahwa pengguna dapat menghubungkan dan memutuskan perangkat saat komputer dinyalakan.
Koneksi USB dapat ditemukan pada komputer, kamera, printer, scanner, perangkat penyimpanan (flash drive), dan banyak perangkat elektronik lainnya. Sebuah hub USB dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat USB. yaitu USB tunggal di komputer dapat mendukung sampai 127 perangkat yang terpisah dengan menggunakan hub USB ganda. Beberapa perangkat juga dapat diaktifkan melalui port USB, menghilangkan kebutuhan untuk sumber daya eksternal.
Bila diukur dari kecepatannya USB 1.1 memungkinkan kecepatan transmisi hingga 12 Mbps dalam mode kecepatan penuh dan 1,5 Mbps pada kecepatan rendah modus. USB 2.0 memungkinkan kecepatan transmisi sampai dengan 480 Mbps. Perangkat USB hanya dapat mentransfer data hingga kecepatan maksimum yang diizinkan oleh port tertentu.
4. FireWire Port
FireWire merupakan antarmuka dengan kecepatan tinggi, yang juga hot-swappable yaitu pengguna dapat menghubungkan dan memutuskan perangkat walaupun komputer dalam keadaan menyala. Sebuah port FireWire tunggal dalam komputer dapat mendukung hingga 63 perangkat. Beberapa perangkat juga dapat diaktifkan melalui port FireWire, firewire juga tidak membutuhkan sumber daya eksternal. FireWire IEEE 1394 menggunakan standar dan juga dikenal sebagai i.LINK.
Standar IEEE 1394a mendukung kecepatan data hingga 400 Mbps dan panjang kabel sampai 15 kaki (4,5 m). Standar ini menggunakan konektor 6-pin atau konektor 4-pin. IEEE 1394b standar memungkinkan untuk rentang yang lebih besar koneksi, termasuk CAT5 UTP dan serat optik. Tergantung pada media yang digunakan, kecepatan data yang didukung hingga 3,2 Gbps dengan jarak 100m.
5. Paralel Port
 
Sebuah port paralel pada komputer adalah sebuah standar Tipe Sebuah konektor DB-25 female. Konektor paralel pada printer adalah tipe standar B 36-pin konektor Centronics. Beberapa printer baru dapat menggunakan Tipe C kepadatan tinggi 36-pin konektor. Paralel port dapat mengirimkan 8 bit data pada satu waktu dan menggunakan standar IEEE 1284. Paralel port berguna untuk menghubungkan perangkat paralel seperti printer, kabel paralel harus digunakan. Sebuah kabel paralel memiliki panjang maksimum sekitar 15 kaki (4,5 m).
 
6. SCSI Port
 
Sebuah port SCSI dapat mengirimkan data paralel pada tingkat lebih dari 320 MBps dan dapat mendukung hingga 15 perangkat. Jika perangkat SCSI tunggal terhubung ke port SCSI, kabel bisa sampai 80 kaki (24,4 m) panjangnya. Jika beberapa perangkat SCSI yang terhubung ke port SCSI, kabel bisa sampai 40 kaki (12,2 m) panjangnya. SCSI port pada komputer dapat menjadi salah satu dari tiga jenis yang berbeda, seperti yang ditunjukkan pada Gambar:
    80-pin konektor
    50-pin konektor
    68-pin konektor
Note: Perangkat SCSI harus diakhiri pada titik ujung dari rantai SCSI. Periksa manual perangkat untuk prosedur terminasi.
Perhatian: Beberapa konektor SCSI menyerupai konektor paralel. Berhati-hatilah untuk tidak menghubungkan kabel ke port yang salah. Tegangan yang digunakan dalam format SCSI dapat merusak antarmuka paralel. SCSI konektor harus secara jelas diberi label.
7. Network Port
 
Sebuah port jaringan dikenal juga sebagai port RJ-45, yang menghubungkan komputer ke jaringan (network). Kecepatan koneksi tergantung pada jenis port jaringan. Standar Ethernet dapat mengirimkan hingga 10 Mbps, Fast Ethernet dapat mengirimkan hingga 100 Mbps, dan Gigabit Ethernet dapat mengirimkan hingga 1000 Mbps. Panjang maksimal kabel jaringan 328 kaki (100 m).
8. PS / 2 Port
 
PS / 2 merupakan port yang menghubungkan keyboard atau mouse untuk komputer. PS / 2 port konektor female memiliki 6-pin mini-DIN. Umumnya warna konektor untuk keyboard dan mouse sering berwarna untuk membedakannya, dan bila seandainya warnanya tidak berbeda maka satu satunya cara dengan melihat icon ptunjuk kecil disamping port yang menjelaskan tentang apa periferal yang digunakan, mouse atau keyboard.
 
 
9. Audio Port
 
Sebuah port audio berfungsi untuk menghubungkan perangkat audio ke komputer. Beberapa port audio berikut ini keterangannya :
Line In – Menyambungkan ke sumber eksternal, seperti sistem stereo
Mikrofon – Menyambungkan ke mikrofon
Line Out – Menyambungkan ke speaker atau headphone
Sony / Philips Digital Interface Format (S / PDIF) – Menyambungkan ke kabel serat optik untuk mendukung audio digital
Toslink – Menyambungkan ke kabel koaksial untuk mendukung audio digital
Gameport / MIDI – Menyambungkan ke perangkat joystick atau MIDI-dihubungkan
 
10. Video Port
 
Sebuah port video berfungsi untuk menghubungkan kabel monitor ke komputer. Ada beberapa port video dan jenis konektor:

 

Video Graphics Array (VGA) – VGA memiliki baris 3-, konektor perempuan 15-pin dan memberikan output analog ke monitor.
Digital Visual Interface (DVI) – DVI memiliki konektor 24-pin konektor female atau 29-pin perempuan dan menyediakan output digital yang terkompresi untuk monitor. DVI-I menyediakan kedua sinyal analog dan digital. DVI-D menyediakan sinyal digital saja.
High-Definition Multimedia Interface (HDMI) – HDMI memiliki konektor 19-pin dan menyediakan video digital dan sinyal audio digital.
S-Video – S-Video memiliki konektor 4-pin dan menyediakan sinyal video analog.
    Komponen / RGB – RGB memiliki tiga kabel terlindung (merah, hijau, biru) dengan jack RCA dan menyediakan sinyal video analog.

About Nurhadi

Perkenalkan nama saya nurhadi asal kuningan sekarang Tinggal di Jakarta ingin mewarnai kehidupan dari dunia yang dianggap maya ini. Kemudian Saya ingin terus belajar dan terus belajar yang bisa dipelajari dan selalu berbagi yang bisa dibagi. sampai cita-cita saya tercapai, dengan masa laluku yang begitu suram saya ingin mendapatkan masa depan yang lebih menyenangkan dan saya ingin sukses, supaya bisa membahagiakan kedua orang tua saya. Sekian dan Terima kasih telah datang dan melihat" blog saya ini.
%d blogger menyukai ini: