Karateristik Dari Jenis Memori Yang Digunakan

memori adalah salah satu komponen komputer yang termasuk kedalam PC (Personal Comutere), tetapi memori yang dimaksudkan ini bukanlah memori yang digunakan sebagai media penyimpanan (storage) akan tetapi adalah komponen yang sudah include ke dalam PC dan bila tidak ada maka PC akan bekerja dengan tidak maksimal. Contohnya saja ketika kita bermain game, maka untuk memunculkan gambar bahkan game yang kita mainkan, harus ada memori sebagai media penyimpanan sementara.

1. ROM
Read-only memory (ROM) adalah komponen komputer yang terletak di chip motherboard. Chip ROM ini berisi instruksi yang dapat langsung diakses oleh CPU. Petunjuk dasar untuk boot komputer dan loading sistem operasi yang disimpan dalam ROM. Dan chip ROM ini dapat mempertahankan isinya bahkan ketika komputer dimatikan. Isinyapun tidak bisa dihapus ataupun diubah dengan cara yang normal.
Note : ROM terkadang disebut sebagai firmware. Hal ini sebenarnya tidak benar karena firmware sebenarnya adalah perangkat lunak yang disimpan dalam sebuah chip ROM.
2. RAM
Random access memory (RAM) adalah penyimpanan sementara untuk data dan program yang sedang diakses oleh CPU. RAM adalah memori volatile, yang berarti bahwa isi akan terhapus saat komputer dimatikan. Semakin banyak RAM di komputer, maka kapasitas komputer dapat lebih dalam memproses dan program ataupun file yang di buka dijendela kerja anda dalam ukuran yang besar. serta meningkatkan kinerja sistem. Namun walaupun begitu kerja RAM tidak lepas dengan kerja sama CPU (Central Processor Unit) yang juga komponen untuk memproses hal yang kita kerjakan di komputer.
3. Modul memori
Pada komputer masa lalu orang tidak menggunakan RAM melainkan menggunakan modul memori yang sudah terpasang pada motherboard sebagai chip individu. Chip memori individual ini disebut paket inline ganda (DIP) chip, yang sulit untuk menginstal dan sering menjadi longgar pada motherboard. Untuk mengatasi masalah ini, desainer chip memori berinisiatif untuk mensoldernya pada papan sirkuit khusus yang disebut modul memori.
Note : Modul memori dapat tunggal-sisi atau dua sisi. Satu-sisi modul memori RAM pada hanya berisi satu sisi modul. Double-sided modul memori RAM pada mengandung kedua sisi modul.
Kecepatan memori memiliki dampak langsung pada seberapa banyak data yang dapat memproses prosesor karena memori yang lebih cepat meningkatkan kinerja prosesor. Seiring dengan peningkatan kecepatan prosesor, kecepatan memori juga harus meningkat. Misalnya, single-channel memori mampu mentransfer data pada 64 bit. Dual-channel memori meningkatkan kecepatan dengan menggunakan saluran kedua memori, membuat kecepatan transfer data 128 bit.
Double Data Rate (DDR) teknologi menggandakan bandwidth maksimum SDRAM. DDR2 menawarkan kinerja lebih cepat ketika menggunakan energi yang lebih sedikit. DDR3 beroperasi pada kecepatan lebih tinggi dari DDR2, namun tidak satupun dari teknologi DDR-mundur atau maju-kompatibel.
4. Cache
SRAM digunakan sebagai memori cache untuk menyimpan data yang paling sering digunakan. SRAM menyediakan prosesor dengan akses cepat ke data dari mengambil dari DRAM lebih lambat, atau memori utama.
Error Checking
Merupakan istilah yang sering digunakan bila terjadi kesalahan memori yang terjadi ketika data tidak disimpan dengan benar dalam chip RAM. Komputer tersendiri menggunakan metode yang berbeda untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan data dalam memori.

About Nurhadi

Perkenalkan nama saya nurhadi asal kuningan sekarang Tinggal di Jakarta ingin mewarnai kehidupan dari dunia yang dianggap maya ini. Kemudian Saya ingin terus belajar dan terus belajar yang bisa dipelajari dan selalu berbagi yang bisa dibagi. sampai cita-cita saya tercapai, dengan masa laluku yang begitu suram saya ingin mendapatkan masa depan yang lebih menyenangkan dan saya ingin sukses, supaya bisa membahagiakan kedua orang tua saya. Sekian dan Terima kasih telah datang dan melihat" blog saya ini.
%d blogger menyukai ini: