Mengidentifikasi Media Penyimpanan Dalam PC

Media penyimpanan disebut juga storage yang merupakan media penyimpanan bersifat permanen, didalam storage kita dapaat menyimpan data dan file kita disana tanpa takut hilang. Cara kerja storage adalah dmembaca atau menulis dan menimpan informasi ke media penyimpanan magnetik atau optik. Drive dapat digunakan untuk menyimpan data secara permanen atau untuk mengambil informasi dari media disk. Penyimpanan drive dapat diinstal dalam kasus komputer, seperti hard drive. Untuk portabilitas, beberapa drive penyimpanan sudah dapat terhubung ke komputer menggunakan port USB, sebuah port FireWire, atau SCSI port. Drive ini penyimpanan portabel kadang-kadang disebut sebagai removable drive dan dapat digunakan pada beberapa komputer.

 

Berikut adalah beberapa jenis umum drive penyimpanan:

1. Floppy Drive

Floppy drive merupakan salah satu media penyimpanan yang sudah mulai jarang digunakan lagi karena masalah integeritas data, namun walaupun begitu drive ini sudah terinstall secara otomatis di sistem operasi pengguna. Sebuah floppy drive, atau drive floppy disk, adalah perangkat penyimpanan yang menggunakan removable dengan ukuran sekitar 3.5-inch. Didalam floppy drive terdapat disket magnetik yang dapat menyimpan 720 KB atau 1,44 MB data. Dalam komputer, floppy drive biasanya dikonfigurasi sebagai drive A/:. Floppy drive dapat digunakan untuk boot komputer jika berisi sebuah floppy disk bootable. Sebuah floppy drive 5,25 inci adalah teknologi yang lebih tua dan jarang digunakan.

 

2. Hard Drive

Sebuah HDD, atau Hard Disk drive, adalah perangkat penyimpanan magnetik yang sudah terinstall ke dalam computer ketika menginstall sistem operasi. Hard drive digunakan sebagai penyimpanan permanen untuk data. Pada komputer Windows, hard drive biasanya dikonfigurasi sebagai drive C: dan berisi sistem operasi dan aplikasi. Hard drive ini sering dikonfigurasi sebagai drive pertama dalam urutan boot. Kapasitas penyimpanan hard drive diukur dalam miliaran byte, atau gigabyte (GB). Kecepatan dari sebuah hard drive diukur dalam revolusi per menit (RPM). Jadi semakin cepat berputarnya putaran hard disk maka semakin cepat pula kecepatannya mulai dari baca, tuli, atau menyimpan data ke dalah hard disk.

 

3. Optical Drive

Drive optik adalah perangkat penyimpanan yang menggunakan laser untuk melakukan, baca, tulis dan menyimpan data ke dalam cakram disk.

 

Ada tiga jenis drive optic yaitu:
    Compact Disc (CD)
    Digital serbaguna Disc (DVD)
    Blu-ray Disc (BD)
CD, DVD, dan media BD dapat debedakan lagi yaitu, pra-rekaman (read-only), recordable (menulis sekali), atau re-recordable (membaca dan menulis beberapa kali). CD memiliki kapasitas penyimpanan data sekitar 700 MB. DVD memiliki kapasitas penyimpanan data sekitar 4,3 GB pada disk single-layer, dan sekitar 8,5 GB pada dual-layer disc. BDS memiliki kapasitas penyimpanan 25 GB pada disk single-layer, dan 50 GB pada dual-layer disc.
Ada beberapa jenis media optik:
    CD-ROM – media CD memori read-only yang adalah pra-rekaman.
    CD-R – media CD recordable yang dapat direkam satu waktu.
    CD-RW – rewritable media CD yang dapat direkam, dihapus, dan direkam ulang.
    DVD-ROM – DVD media memori read-only yang adalah pra-rekaman.
    DVD-RAM – media DVD akses memori acak yang dapat direkam, dihapus, dan direkam ulang.
    DVD + /-R – media DVD recordable yang dapat direkam satu waktu.
    DVD + /-RW – media DVD rewritable yang dapat direkam, dihapus, dan direkam ulang.
    BD-ROM – BD media read-only yang pra-direkam dengan film, permainan, atau perangkat lunak.
    BD-R – CD recordable BD yang dapat merekam video HD dan PC penyimpanan data satu waktu.
    BD-RE – Format ditulis ulang BD untuk merekam video HD dan PC penyimpanan data.
4. Flash Drive Eksternal

Sebuah flash drive eksternal, juga dikenal sebagai thumb drive, adalah perangkat penyimpanan yang dapat dilepas yang terhubung ke port USB. Sebuah flash drive eksternal menggunakan jenis yang sama non-volatile chip memori sebagai drive solid state dan tidak memerlukan kekuatan untuk menjaga data. Drive ini dapat diakses oleh sistem operasi dengan cara yang sama bahwa jenis lain dari drive yang diakses.

 



Jenis Antarmuka Hard Disk
Hard drive dan drive optik dibuat dengan antarmuka yang berbeda yang digunakan untuk menghubungkan drive ke komputer. Untuk menginstal drive penyimpanan di komputer, antarmuka koneksi pada drive harus sama seperti controller pada motherboard. Berikut adalah beberapa interface nya:
1.  IDE  merupakan antarmuka hasil upgrade dari ATA yang merupakan antarmuka kontroler hard awal yang menghubungkan komputer dan hard disk drive. Sebuah antarmuka IDE menggunakan konektor 40-pin.
2.  EIDE , juga disebut ATA-2, adalah versi terbaru dari antarmuka pengendali IDE drive. EIDE hard drive yang lebih besar mendukung dari 512 MB, memungkinkan Direct Memory Access (DMA) untuk kecepatan, dan menggunakan AT Attachment Packet interface (ATAPI) untuk mengakomodasi drive optik dan drive tape pada bus EIDE. Sebuah antarmuka EIDE menggunakan konektor 40-pin.
3.  PATA – Paralel ATA mengacu pada versi paralel interface ATA drive controller.
4. SATA – Serial ATA mengacu pada versi serial interface ATA drive controller. Sebuah antarmuka SATA menggunakan konektor 7-pin data.
5.  eSATA – Serial ATA Eksternal menyediakan hot-swappable, antarmuka eksternal untuk drive SATA. Antarmuka eSATA menghubungkan drive SATA eksternal menggunakan konektor 7-pin. Kabel bisa sampai 2 meter (6,56 ft) panjang.
6. SCSI adalah drive controller interface yang dapat menghubungkan hingga 15 drive. SCSI dapat menghubungkan baik internal dan eksternal drive. Sebuah antarmuka SCSI menggunakan 50-pin, 68-pin, atau 80-pin konektor.
7. RAID menyediakan cara untuk menyimpan data di hard disk untuk redundansi. Untuk sistem operasi, RAID muncul sebagai salah satu disk logis. untuk perbandingan dari tingkat RAID yang berbeda.
Istilah berikut menjelaskan cara menyimpan data pada RAID berbagai disk:
    Paritas – Sebuah metode yang digunakan untuk mendeteksi kesalahan data.
    Striping – Sebuah metode yang digunakan untuk menulis data di beberapa drive.
    Mirroring – Sebuah metode untuk menyimpan data ganda ke drive kedua.

About Nurhadi

Perkenalkan nama saya nurhadi asal kuningan sekarang Tinggal di Jakarta ingin mewarnai kehidupan dari dunia yang dianggap maya ini. Kemudian Saya ingin terus belajar dan terus belajar yang bisa dipelajari dan selalu berbagi yang bisa dibagi. sampai cita-cita saya tercapai, dengan masa laluku yang begitu suram saya ingin mendapatkan masa depan yang lebih menyenangkan dan saya ingin sukses, supaya bisa membahagiakan kedua orang tua saya. Sekian dan Terima kasih telah datang dan melihat" blog saya ini.
%d blogger menyukai ini: